Total Tayangan Laman

Kamis, 09 Februari 2012

Berbagai Jenis Macam Buah Dan Berbagai Manfaatnya

Buah merupakan jenis makanan yang sangat mudah kita dapat. Manfaat buah sangat penting bagi tubuh kita. Karena buah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan gizi yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
Buah sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari dan sebagai makanan penutup dalam hidangan yang kita sajikan. Dengan mengonsumsi buah setiap hari, kita dapat memperoleh manfaat buah buahan secara maksimal. Manfaat buah yang bisa kita dapatkan jauh lebih banyak daripada harga buah itu sendiri. Selain itu, buah lebih aman karena umumnya tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita.



1. Buah Anggur : Khususnya yang berwarna merah dan cokelat kehitaman mengandung ratusan senyawa flavonoid yang berguna sebagai anti oksidan atau peggempur radikal bebas. Jus anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh, selain itu kandungan mineral boron-nya dapat mempertahankan kadar kenormalan estrogen dalam darah wanita yang mengalami menoupose, sehingga dapat memperlambat terjadinya keropos tulang (osteoporosis). Jadi dibanding konsumsi minuman u/ mencegah osteoporosis lebih baik konsumsi Anggur lebih alami. Kadar gula yang tinggi pada anggur dapat menghasilkan energi dengan cepat sehingga anggur dianjurkan bagi yang ingin memulihkan energi tubuh dengan segera, tapi tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.



2. Buah Apel : Kulit apel banyak mengandung pektin (sejenis serat makanan yang mudah larut) yang bila dimakan atau dijus dengan dagingnya akan bermanfaat sebagai pembersih racun dari dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan kalium pada apel tinggi tetapi kadar gula buahnya rendah, sehingga cocok bagi yang sedang berdiet(diet cara sehat), diabetes dan penderita gejala darah tinggi. Khasiat apel lainnya adalah dapat meminimalkan gangguan pencernaan dan mual pada saat hamil.



3. Buah Mangga : Kaya akan kandungan seratnya, vitamin A dan C serta aneka flavonoid. Karena zat-zat inilah mangga memiliki manfaat sebagai anti sembelit, membersihkan sistem sirkulasi darah dan dalam jangka panjang dapat mencegah aneka kanker dan gangguan pembuluh darah.


4. Buah Melon : Kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks dan C serta mineral kalium dan magnesium. Melon juga dapat membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun. Berfungsi juga sebagai peluruh perut dan pembersih kulit.


5. Buah Belimbing : Banyak mengandung serat makanan, vitamin A, C serta kalium. Zat gizi ini bermanfaat dalam menjaga kenormalan fungsi organ-organ pencernaan sistem pembuluh darah dan jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


6. Buah Pepaya : Mengandung vitami A, B kompleks, C , karotenoid dan kalium tetapi dalam jumlah yang sedang dan tidak sebanyak melon.Pepaya mengandung papain yaitu sejenis enzim yang dapat membantu dalam pencernaan protein. Jus pepaya sangat manjur untuk menurunkan kadar keasaman lambung.


7. Buah Pisang : Buah ini juga sumber penting bagi kebutuhan vitamin C, kalium serta gula buah. Kalium pada pisang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, kenormalan fungsi jantung dan kerja otot.


8 . Buah Semangka : Banyak mengandung mengandung vitamin A, C, karotenoid, kalium dan serat makanan. Zat gizi ini berfungsi sebagai penggempur radikal bebas, menjaga kenormalan sistem pembuluh darah dan jantung serta dapat menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Buah semangka memiliki zat kalium dan kadar air dalam jumlah tinggi. Kandungan air dan kalium tersebut dapat membantu menetralkan tekanan darah. Selain itu, manfaat buah semangka juga dapat memperkuat kinerja jantung dan memperkuat sistem pertahanan tubuh karena semangka juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa semangka mampu melawan penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan semangka memiliki kandungan likopen yang merupakan zat karotenoid. Zat likopen ini sangat kuat untuk melawan penyakit kanker. Penyakit kanker yang menyerang manusia dapat terjadi akibat radikal bebas, polusi, pikiran negatif, pola makan yang buruk, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Zat likopen dari semangka dapat mengatasi serangan-serangan tersebut. Selain untuk anti kanker, zat likopen dalam semangka juga dapat membuat wajah telihat segar, bercahaya, dan tampak awet muda.


9. Buah Jeruk : Juring jeruk banyak mengadung pektin, karena itu sungguh rugi jika bila mengkonsumsi jeruk hanya menyerap sarinya dan membuang kulit juringnya. Jeruk mengandung vitamin A, C dan asam sitrat. Kandungan kalsium dan fosfor nya sangat membantu dalam pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak. Kadar gula dan jeruk yang tinggi dapat menghasilkandan memulihkan energi dengan cepat. Untuk itu tidak dianjurkan bagi penderita dibetes. Begitu juga bagi penderita mag, agar mengurangi konsumsi jeruk atau buah lainnya yang memiliki rasa asam.


10. Buah Tomat : Kaya akan kandungan lycopen, yaitu suatu anti oksidan yang mampu mencegah dan mengurangi resiko aneka jenis kanker. Terutama kanker leher rahim, ginjal dan pankreas. Kandungan vitamin A dan C nya berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. 100 gr tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C tubuh.




11. Buah Naga: Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka/memar. Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. Selain itu manfaat buah naga juga dapat mengurangi kadar kolesterol karena buah ini mengandung vitamin B3. Buah naga juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi hingga menyembuhkan penyakit batuk dan asma.
Buah naga mengandung fosfor dan kalsium, sehingga manfaat buah naga juga dapat membuat tulang kuat serta membentuk jaringan dan gigi lebih sehat. Buah naga ini sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kadar gula dalam darah.
Manfaat buah naga merah dikenal efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta mengurangi lemak.
Buah naga merah memiliki kandungan zat karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata.
Khasiat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan lycopene. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, fosfor, dan protein yang baik untuk membantu pembentukan jaringan.
Untuk mendapatkan manfaat buah naga merah ini, Anda dapat membuat jus buah naga merah dan mengonsumsinya secara rutin. Setiap cangkir jus buah naga merah memiliki kandungan sekitar 100kkal. Namun, apabila Anda tidak sempat mengolahnya menjadi jus, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya.


12. Buah Sirsak: Sirsak (Annona Muricata) memiliki istilah yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Ada yang menyebut sirsak sebagai Nangka Londo, Srikaya Jawa, Nangka Buris, dll. Jika di luar negeri, buah yang kaya dengan kandungan obatnya ini dikenal dengan nama Soursop.
Buah Sirsak memiliki rasa yang manis keasaman. Perpaduan dari kedua rasa ini menjadi sensasi tersendiri bagi penggemar buah sirsak. Selain memiliki sensasi rasa yang unik, manfaat buah sirsak juga sangat banyak. Sehingga banyak orang mengolahnya menjadi berbagai bentuk hidangan, seperti membuat selai sirsak untuk campuran sarapan roti atau mengolahnya menjadi sirup sirsak untuk minuman.
Kandungan zat dalam buah sirsak sangat kompleks dan memiliki banyak manfaat. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan kita kaji lebih mendalam mengenai berbagai manfaat / khasiat buah sirsak.


13. Buah Mengkudu: Mengkudu memiliki beberapa istilah di tiap daerah. Antara lain Wengkudu (Bali), Cengkudu (Sunda), Pace (Jawa), Kodhuk (Madura), Nono (bahasa Tahiti), Ach (bahasa Hindi), Ungcoikan (bahasa Myanmar), Noni (bahasa Hawaii), dan Nonu (bahasa Tonga).
Manfaat buah mengkudu ini sangat baik untuk pengobatan alami. Bahkan kini telah banyak diproduksi beberapa produk kapsul dari buah mengkudu. Berbagai ahli medis dari berbagai Negara juga melakukan penelitian tentang manfaat buah mengkudu. Ada laporan yang dirilis oleh jurnal Cancer Letter pada tahun 1993 mengenai manfaat buah mengkudu. Dalam jurnal itu disebutkan bahwa beberapa peneliti Jepang dari The Institute of Biomedical Sciences dan Keio University telah melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Para peneliti itu menyimpulkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat anti kanker (damnacanthal).
Khasiat buah mengkudu tidak hanya sebagai anti kanker. Masih ada banyak manfaat lain yang terdapat pada buah yang pahit ini. Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu yang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian secara ilmiah :
• Mengkudu dapat menjadi zat pencegah kanker dan tumor.
• Mengkudu dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.
• Mengkudu bisa membantu mengurangi rasa sakit.
• Mengkudu dapat menjadi zat anti alergi dan anti radang.
• Mengkudu dapat membantu menormalkan tekanan darah.
• Mengkudu dapat membantu memperlancar siklus energi dalam tubuh.
• Mengkudu dapat menjadi anti bakteri.
• Mengkudu dapat membantu mengatur mood (siklus suasana hati).
Dr. Neil Solomon pernah melakukan sebuah survey terhadap 8000 orang yang mengonsumsi sari buah mengkudu. Dalam survey tersebut ia melibatkan 40 dokter serta beberapa praktisi medis. Dalam surveynya Dr. Neil Solomon ingin membuktikan kemampuan sari buah mengkudu dalam penyembuhan beberapa penyakit. Misalnya: serangan jantung, kanker, diabetes, stroke, gangguan pencernaan, dll.

2 komentar: